Jumat, 14 November 2008

Launching HOV Bandung

Oleh: Feriandri Sinulingga

Persiapan
HOV atau Hands off Venezuela adalah suatu program kampanye untuk mendukung pemerintahan Chavez dalam menyelesaikan Revolusi Bolivariannya. Hands off Venezuela ini ada pasca kudeta yang gagal dilakukan oleh penentang chavez. Dan Chavez sendiri sudah mengakui kampanye ini dalam Pertemuan Sedunia untuk Solidaritas Revolusi kedua tahun 2004 lalu.
Sekarang HOV sudah ada lebih dari 30 negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia pertama kali launchingnya di Jakarta pada Maret 2008. Perkembangannya semakin pesat di kota-kota lain. Di Bandung juga tidak ketinggalan dalam mengkaji perihal ini. Dan pada Oktober 2008, Majalah Ganesha Institut Teknologi Bandung (MG-ITB) mulai menginisiasi kampanye ini. Pembahasan pun dilakukan dengan mengkaji mulai dari proses pencapaian program sosialis chavez sampai pada capaiannya sendiri. Akhirnya kita sepakat untuk mendeklarasikan HOV Bandung pada tanggal 14 Nov 08 di ITB. Persiapan pun dilakukan dari mulai konsep acara sampai pada hal teknis.

Pelaksanaan Acara & Deklarasi HOV Bandung
Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC sekaligus moderator dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua Panitia dan juga Ketua Umum MG-ITB Feriandri Sinulingga (Teknik Elektro 2004). Setelah itu acara berlanjut pada pemaparan materi masing-masing oleh narasumber. Yang pertama dari Jorge Martin (sekretaris Internasional HOV) menjelaskan tentang bagaimana kerja buruh dan rakyat di Venezuela mampu membangun tatanan masyarakat yang partisipatif. Dan narasumber kedua Agus Wahyu (ketua LMND Jabar) menjelaskan tentang perbedaan demokrasi partisipatif dengan demokrasi representatif. Setelah itu, diskusi pun dilakukan. tanya jawab antara audiens dengan narasumber. Suasana semakin menarik saat diskusi berlangsung. Acara kemudian diakhiri dengan sambutan dari HOV Indonesia dan MG-ITB.
MG-ITB sebagai inisiator HOV Bandung akan tetap mendukung kampanye ini dan melawan setiap media asing/imperialis yang selalu memojokkan pemerintahan Chavez sehingga Revolusi Bolivarian menjadi terhalang.

Prinsip-prinsip yang dipegang
Adapun prinsip-prinsip yang dipegang yang kita sepakati bersama adalah:
  1. Bersolidaritas dengan Revolusi Bolivarian di Venezuela
  2. Menentang/melawan intervensi imperialis di Venezuela
  3. Membangun hubungan dengan sesama gerakan
HOV Bandung didekarasikan untuk memperluas jaringan dan media untuk mendukung pemerintahan Chavez dalam menjalankan program-program sosialisnya. Kita juga dapat belajar dan mengambil beberapa prinsip yang mungkin dapat digunakan di Indonesia guna terciptanya REVOLUSI di Indonesia...

-15 November 2008-
Sunken Court E-04 kampus ITB
Sekretariat Majalah Ganesha ITB (MG-ITB) pkl 03.00 WIB

Tidak ada komentar: